Selasa, 17 April 2012

tugas keorganisasian


NPM : 16210654                           kelas : 2 EA 17

Model contingensi ( fiedler )
Teori kepemimpinan  adalah teori yang menekankan pada hubungan pemimpin dengan bawahannya serta sejauh mana pemimpin dapat mengendalikan dan mempengaruhi suatu situasi. Model teori ini di kembangkan oleh fiedler model ini menyatakan bahwa gaya kepemimpinan yang paling efektif tergantung pada situasi yang di hadapi dan perubahan gaya bukan merupakan suatu yang sulit. Konsepsi kepemimpinan situasional ini melengkapi  pemimpin dengan pemahaman dari hubungan antara gaya kepemimpina yang efektif dan tingkat kematangan pengikutnya. Perilaku pengikutnya atau bawahan ini amat penting untuk mengetahui kepemimpinan situasional, karena bukan saja pengikut sebagai individu bisa menerima atau menolak pemimpinnya, akan tetapi sebagai kelompok, pengikut dapat menentukan kekuatan pribadi  apapu yang dimiliki pemimpin.

Model vroom and yetton
Teori ini menjelaskan tentang model kepemimpinan yang berupaya untuk menggambarkan seberapa banyak partisipasi bawahan yang seharusnya diikuti dalam pengambilan keputusan di sebut juga teori normative, karena mengarah pada pemberian suatu rekomendasi tentang gaya kepemimpinan yang sebaiknya digunakan dalam situasi tertentu. Yaitu berfokus pada tinggkat partisipasi yang di perbolehkan oleh pemimpin dalam pengambilan keputusan dan seleksi pendekatan yang akan memaksimalkan manfaat yang akan di dapat oleh kelompok dan pada waktu yang bersamaan, meminimilasi gangguan pencapaian tujuan kelompok. Teori ini juga memberikan serangkaian aturan untuk menentukan bentuk dan banyaknya pengambilan keputusan partisipasif dalam situasi yang berbeda beda. Model yang menjelaskan bagaimana seorang pemimpin dalam berbagai situasi. Model ini ,menunjukkan bahwa tidak ada corak kepemimpinan vrooom and yetton ini merupakan salah satu teori contingency.
Biasanya gaya suportif akan berperilaku sebagai berikut :
1.menyampaikan pujian jika anak buah melakukan pekerjaan dengan baik.
2.tidak menuntut lebih dari kemampuan
3.ramah dan mudah didekati
4.mau melakukan perubahan
5.memperlakukan anak buah sebagai teman sejawat
Model path goal ( jalan – tujuan )
Teori ini menjelaskan bahwa efektifitas seseorang pemimpin di dasarkan atas kemampuanya di dalam menimbulkan kepuasan dan motivasi para anggota kelompok. Dasar dari teori ini adalah bahwa merupakan tugas pemimpin untuk membantu anggotanya dalam mencapai tujuan mereka dan untuk memberi arah dan dukungan atau keduanya yang dibutuhkan untuk menjamin tujuan mereka sesuai dengan tujuan kelompok atau organisasi secara keseluruhan. Istilah path goal ini datang dari keyakinan bahwa pemimpin yang efektif memperjelas jalur untuk membantu anggotanya dari awal sampai ke pencapaian tujuan mereka, dan menciptakan penelusuran disepanjang jalur yang lebih mudah dengan mengurangi hambatan, dengan menggunakan rancangan insentif untuk penghargaan dan hukuman bagi mereka yang berhasil atau gagal dalam mencapai tujuan kelompok. Untuk mencapai tujuan tersebut seorang pemimpin di wajibkan untuk menggunakan perilaku kepimimpinan yang berbeda sesuai denagn tuntutan situasi. Prilaku pemimpin akan diterima oleh anggota kelompok sejauh mereka menganggap itu sebagai sumber kepuasan langsung atau kepuasan di masa yang yang akan datang.
Contoh kasus yahoo
Facebook balas serang yahoo
Pertarungan hak paten teknologi antara Yahoo dan Facebook nampaknya semakin seru, karena kedua perusahaan sudah saling menuntut. Facebook sepertinya tidak ingin takluk dari kasus hak paten dengan menuntut balik pihak Yahoo.
Tuntutan Facebook ini hadir beberapa pekan setelah Yahoo mengklaim bahwa mereka telah melanggar 10 paten teknologi yang meliputi periklanan online, kontrol privasi dan jejaring sosial.
Facebook sendiri menyangkal tuduhan Yahoo dan menuduh balik bahwa Yahoo juga melanggar 10 paten milik mereka yang meliputi photo-tagging, periklanan online, rekomendasi online, dan lain-lain. Perselisihan ini pun semakin meluas sebagaimana Facebook kini juga tengah mempersiapkan saham Initial Public Ofering (IPO) mereka dalam waktu beberapa pekan ke depan.
Sebelumnya pihak Facebook tidak tinggal diam dalam menghadapi tuntutan Yahoo. Karena mereka sudah melakukan sejumlah persiapan. Facebook mengkonfirmasi bahwa mereka baru saja kembali membeli paten-paten milik IBM, untuk memperkuat posisi mereka dalam perang hak paten saat ini.
Pihak Facebook membeli sekira 750 hak paten software dan jaringan, dua pekan setelah Yahoo menuntut bahwa Facebook memakai 10 paten mereka. Meskipun begitu, pihak Facebook belum berani mengkonfirmasi pembelian paten yang dilakukan, sebagai persiapan hadapi tuntutan Yahoo.
Saya bisa mengkonfirmasi bahwa memang ada pembelian, namun saya tidak memiliki informasi detil lainnya untuk dibagikan, ujar Larry Yu, jurubicara Facebook. Sama halnya seperti pihak IBM, yang juga tidak memberikan komentar resmi terhadap pembelian paten tersebut.
Yahoo menuntut Facebook karena dianggap telah melanggar 10 paten teknologi miliknya. Surat tuntutan tersebut diisi di pengadilan District Court di San Jose, California. Beberapa paten yang menurut Yahoo! telah dilanggar adalah news feed, perpesanan, tampilan iklan, kendali privasi dan fitur pencegah penipuan.
Facebook belum diluncurkan sebelum 2004 , 10 tahun sejak berdirinya Yahoo. Facebook kini telah tumbuh sebagai sebuah perusahaan yang besar, namun banyak paten teknologi Yahoo! yang digunakan oleh mereka  ujar pihak Yahoo, kala melayangkan tuntutannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar