Selasa, 22 Januari 2013

JURNAL 1 Metode Riset


JURNAL 1 METODE RISET

NAMA       : SONY SURYADI
NPM           : 16210654
KELAS       : 3EA17

METODE RISET

JURNAL 1

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN KARTU XL
Tema :Kepuasan Konsumen
Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN KARTU XL
Oleh : Wijaya surya hernanda,2009

A.Latar belakang
Perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia semakin pesat,sehingga membuka pintu sukses bagi perusahaan operator seluler.Salah satu perusahaan telekomunikasi yang terbesar ketiga di Indonesia adalah PT. Excelcomindo Pratama yang mengeluarkan kartu seluler yang bernama XL adalah salah satu provider jasa komunikasi GSM yang ada di indonesia. Hal utama yang harus menjadi prioritas perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan dalam melaksanakan analisis dan diagnosis lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan salah satunya melakukan evaluasi kinerja dari atribut-atribut yang melekat pada produk kartu XL.

B. Perumusan masalah
Berdasarkan hal-hal yang sudah di uraikan diatas dapat di ketahui sebuah perusahaan jasa operator seluler harus tanggap terhadap kondisi yang dialami pelanggan. Hal utama yang harus menjadi prioritas perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan dalam melaksanakan analisis

C. Tujuan penelitian
1. untuk menganalisis pengaruh fasilitas
2. untuk menganalisis persepsi kualitas
3. untuk menganalisis persepsi harga
4. untuk menganalisi kegunaan dan manfaat kartu pra bayar XL terhadap kepuasan konsumen yang menggunakannya.

D. Metodologi
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling sebanyak 100 konsumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan mengajukan kuesioner kemudian data dianalisis dengan teknik regresi berganda.

E. Hasil penelitian
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial, keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan. Pengujian secara simultan keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan kartu seluler pra bayar XL. Diantara keempat variabel yang dianalisis, faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah Fasilitas kemudian disusul dengan Persepsi Harga. 43,2 % variasi Kepuasan Konsumen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar