JURNAL 1 METODE RISET
NAMA
: SONY SURYADI
NPM
: 16210654
KELAS
: 3EA17
METODE RISET
JURNAL 1
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN KARTU XL
Tema
:Kepuasan Konsumen
Judul :
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN KARTU XL
Oleh :
Wijaya surya hernanda,2009
A.Latar
belakang
Perkembangan
industri telekomunikasi di Indonesia semakin pesat,sehingga membuka pintu
sukses bagi perusahaan operator seluler.Salah satu perusahaan telekomunikasi
yang terbesar ketiga di Indonesia adalah PT. Excelcomindo Pratama yang
mengeluarkan kartu seluler yang bernama XL adalah salah satu provider jasa
komunikasi GSM yang ada di indonesia. Hal utama yang harus menjadi prioritas
perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan loyalitas
pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan dalam melaksanakan analisis
dan diagnosis lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan salah satunya
melakukan evaluasi kinerja dari atribut-atribut yang melekat pada produk kartu
XL.
B. Perumusan
masalah
Berdasarkan
hal-hal yang sudah di uraikan diatas dapat di ketahui sebuah perusahaan jasa
operator seluler harus tanggap terhadap kondisi yang dialami pelanggan. Hal
utama yang harus menjadi prioritas perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk
mempertahankan loyalitas pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan
dalam melaksanakan analisis
C. Tujuan
penelitian
1. untuk
menganalisis pengaruh fasilitas
2. untuk
menganalisis persepsi kualitas
3. untuk
menganalisis persepsi harga
4. untuk
menganalisi kegunaan dan manfaat kartu pra bayar XL terhadap kepuasan konsumen
yang menggunakannya.
D.
Metodologi
Pengambilan
sampel dilakukan dengan metode accidental sampling sebanyak 100 konsumen.
Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang
dikumpulkan dengan mengajukan kuesioner kemudian data dianalisis dengan teknik
regresi berganda.
E. Hasil
penelitian
Berdasarkan
hasil pengujian hipotesis secara parsial, keempat variabel (Fasilitas, Persepsi
Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan.
Pengujian secara simultan keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas,
Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan konsumen dalam menggunakan kartu seluler pra bayar XL. Diantara
keempat variabel yang dianalisis, faktor yang paling berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen adalah Fasilitas kemudian disusul dengan Persepsi Harga. 43,2
% variasi Kepuasan Konsumen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel
independen (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar