JURNAL 3 METODE RISET
NAMA
: SONY SURYADI
NPM
: 16210654
KELAS
: 3EA17
METODE RISET
JURNAL 3
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK KARTU HALO SIMPATI
Tema : Kepuasan Konsumen
Judul : Analisis tingkat kepuasan konsumen pada produk
kartu halo telkomsel
Oleh : FITNANTYO BIMAWAN, 2000
A. Latar belakang masalah
Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia dengan
berbagai media penyampaiannya.Sehingga membuka pintu sukses bagi perusahaan
operator seluler GSM semakin meningkat salah satunya nya adalah perusahaan
telekomunikasi telkomsel.Hal utama yang harus menjadi prioritas perusahaan
adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.sebuah
pendekatan sitematis perlu digunakan dalam melaksanakan analisis dan diagnosis
lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan salah satunya melakukan
evaluasi kinerja dari atribut-atribut yang melekat pada produk kartu halo
telkomsel.
B. Perumusan masalah
Berdasarkan hal-hal yang sudah di uraikan diatas dapat
di ketahui sebuah perusahaan jasa operator seluler harus tanggap terhadap
kondisi yang dialami pelanggan.tantangan dasar yang di hadapi adalah
mendapatkan dan mempertahankan nilai yang maksimal dari pelanggan.Sebagai usaha
memberi kepuasan kepada pelanggan kadang kala pihak manajemen berdasar persepsinya
sendiri dan mempunyai keyakinan bahwa fasilitas dan pelayanan yang di berikan
pasti akan dapat memuaskan pelanggan.
C. Tujuan penelitian
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat
kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut yang melekat pada produk kartu halo
telkomsel,serta untuk mengetahui atas dasar apa konsumen mempunyai sikap
tertentu terhadap atribut produk yang di maksud,dan juga untuk memberikan
usulan kepada pihak manajemen sebagai alternative untuk dasar-dasar perencanaan
strategi perusahaan yang efektif.
D. Metodologi
Obyek penelitiannya adalah pelanggan pengguna kartu
halo telkomsel yang berada didaerah kota Jakarta dengan mengambil sampel
sebanyak 100 orang.Adapun data yang di pergunakan dalam penelitian ini di
kumpulkan dengan studi pustaka.Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan Systematic sampling.yang hasilnya kemudian di analisis lebih lanjut
dengan metode model angka ideal,untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
sikap konsumen kartu halo telkomsel berdasarkan atribut kartu halo telkomsel.
E. Hasil penelitian
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dari
atribut-atribut yang di teliti ditemukan bahwa pelanggan/pengguna mempunyai
tanggapan, reaksi dan kepercayaan yang masih kurang optimal terhadap kartu halo
telkomsel,karena masih belum mendekati nilai ideal dari sebuah kartu GSM yang
diharapkan.Sehingga dapat dikatakan bahwa kinerja dari kartu halo telkomsel
dengan berbagai atribut-atributnya masih belum ideal secara mutlak atau dengan
kata lain pelanggan belum puas dengan atribut-atribut yag ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar