JURNAL 2 METODE RISET
NAMA
: SONY SURYADI
NPM
: 16210654
KELAS
: 3EA17
METODE RISET
JURNAL2
Analisis Tingkat kepuasan Pelanggan Pengguna Kartu GSM
Indosat IM3 pada Kalangan mahasiswa.
Tema :Kepuasan Konsumen
Judul : Analisis Tingkat kepuasan Pelanggan Pengguna
Kartu GSM Indosat IM3 pada Kalangan mahasiswa.
Oleh : Chairul Amalia Universitas Gunadarma 2008
A. Latar belakang Masalah
Di era globalisasi ini teknologi telekomunikasi sangat
banyak bermunculan.Telekomunikasi sangat berperan penting dalam kehidupan saat
ini. Kartu GSM salah satu factor pendukung dalam telekomunikasi.Ada beberapa
perusahaan besar di Indonesia yang juga memproduksi kartu GSM.Tetapi yang
banyak diminati oleh para konsumen khususnya mahasiswa adalah Indosat Im3
sejenis kartu GSM yang mempunyai sejumlah kelebihan/keuntungan seperti Harga
untuk isi ulang yang terjangkau, Jaringan luas, Akses lengkap yang terdapat
dalam GSM tersebut, dan fasilitas bebas roaming kesemua operator merupakan
salah satu cara bagi indosat IM3 untuk menarik konsumennya. Berdasarkan Latar
Belakang diatas penulis akan mencoba untuk meneliti tentang Analisi Tingkat
kepuasan Pelanggan Pengguna kartu GSM Indosat IM3 pada Kalangan Mahasiswa.
B. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan
penulisan ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap
penggunaan kartu GSM indosat IM3,Untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang
diberikan oleh PT.Indosat daam memasrkan produk jasa telekomunikasinya.
C. Metodologi
• Variabel
Variabel yang digunakan untuk menghasilkan penelitian
ini adalah dilihat dari 4 variabel yaitu Harga untuk isi ulang yang terjangkau,
Jaringan luas, Akses lengkap yang terdapat dalam GSM tersebut, dan fasilitas
bebas roaming kesemua operator.
• Data
Data yang digunakan untuk menghasilka penelitian ini
adalah Data Primer yaitu Data yang diperoleh langsung responden atau objekyang
diteliti.Dalam hal ini data yang diperoleh merupakan data dari hasil pengisian
daftar pertanyaan / kuisioner yang dibagikan kepada subjek yang bersangkutan
daam penelitian.Subjek dalam penelitian tersebut adalah konsumen yang
menggunakan kartu Indosat IM3.Populasi dan sample penulisan ini adalah
mahasiswa pengguna kartu GSM Indosat IM3.Didapatkan hasil dengan menggunakan
skala likert.
• Metode penelitian
Untuk dapat mengolah data dalam penulisan ini
menggunakan alat analisis yaitu Deskripsi Kualitatif dengan menggunakn Uji Chi
suare dan menggunakan skala likert.
Rumus : X2 = ∑ (FO - FE) 2
Dimana X2 = Chi Square
FO = Frekuensi yang diperoleh dari Angket
FE = Frekuensi yang diharapkan
• Tahapan penelitian
Tahap pertama menentukan variable – variable yang
mempengaruhi kepuasan pelanggan indosat im3
Tahap kedua menganalisis penyebab dari masalah
pelayanan tersebut
Tahap ketiga menentukan bagaimana kualitas pelayanan
tersebut yang masih dapat diperbaiki.
D. Hasil dan Kesimpulan
Dari hasil metode kuisioner kepada beberaps responden
maka dapat disimpulkan bahwa responden merasa terpuaskan akan akan kartu GSM
Indosat IM3. Dan pada variable jaringan , harga ,fasilitas dan pelayanan
operator terhadap keluhan pelanggan ternyata mempengaruhi kepuasan konsumen
tersebut.Dan dari hasil perhitungan yang telah dilakukan PT.Indosat melayani
konsumen dengan baik hal tersebut ditandai dengan perhitungan uji Chi Squarte
yang kesemua variable menerima Ha yang artinya konsumen merasa terpuaskan.
E. saran dan usulan lanjutan
Untuk kedepannya PT.Indosat diharapkan tetap menjaga
apa yang telah dicapai dengan berbagai fasilitas – fasilitasyang telah dapat
memuaskan konsumen.Tetap membuat inovasipembaharuan agar konsumen tetap menjadi
pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar