BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Teori dasar
Dalam memilih toko konsumen memiliki kriteria evaluasi
diantaranya adalah faktor kenyamanan, pelayanan, kelengkapan produk, dan lain
sebagainya hal tersebut menjadikan faktor yang sangat penting dan harus
diperhatikan produsen karena akan menjadi bahan perbandingan bagi konsumen
untuk memilih toko mana yang akan didatangi konsumen (James F Engel,1994:258),
dalam membandingkan minimarket mana yang akan dikunjungi konsumen akan
mempertimbangkan beberapa hal berikut diantaranya: Yang pertama lokasi,
konsumen mementingkan jarak minimarket manakah yang paling dekat dari tempat
tinggal untuk efisiensi waktu, namun ada juga konsumen yang lebih
mempertimbangkan tempat parkir yang nyaman meski jarak yang ditempuh lebih jauh
dari tempat tinggal. Yang kedua promosi konsumen cenderung memilih minimarket
mana yang menginformasikan produknya lebih baik melalui iklan yang menarik,
namun ada juga konsumen yang tidak mementingkan promosi yang menarik untuk
mendatangi suatu minimarket yang terpenting adalah pelayanan yang memuaskan.
Yang ketiga konsumen membandingkan minimarket mana yang memberikan harga yang
lebih murah meski pelayanan kurang memuaskan atau ada juga konsumen yang
cenderung memilih pelayanan yang memuaskan meski harga yang dibayar lebih
mahal. Keempat konsumen mempertimbangkan kenyamanan berbelanja sebelum
mengunjungi minmarket karena lebih berorientasi rekreasi walaupun harga yang
ditawarkan lebih mahal namun ada kepuasan batin tersendiri bagi konsumen yang
berorientasi ini, namun konsumen yang berorientasi belanja perusahaan yang
menjadi pertimbangan itu adalah minimarket Indomaret dan Alfamart yang memiliki
kesamaan strategi pemasaran dan karateristik. Kelima kelengkapan produk,
konsumen dalam memilih minimarket mana yang akan di kunjungi dengan
mempertimbangkan lengkap tidaknya produk yang di jual pada minimarket itu, jika
ada minimarket yang lebih lengkap meskipun jarak yang di tempuh agak jauh maka
konsumen akan mengunjungi minimarket yang lebih lengkap produknya. Keenam
pelayanan, dalam berbelanja konsumen yang mementingkan pelayanan akan memilih
minimarket yang memberikan pelayanan sesuai keinginannya, namun konsumen yang
kurang mementingkan pelayanan akan memilih minimarket yang memberikan harga
yang terjangkau dengan pelayanan yang standar. Berdasarkan evaluasi diatas maka
minimarket atau perusahaan yang menjadi pertimbangan itu adalah Indomaret
dengan Alfamart yang memiliki karateristik dan strategi yang hampir sama.
2.2 Penelitian terdahulu
Jurnal 1
Analisis Variabel Pembentuk Kepuasan Konsumen Pada Ritel
Minimarket Alfamart dan Indomaret Di
Wilayah Pesanggrahan Jakarta Selatan.
Jurnal 2
Analisis Variabel Pembentuk Kepuasan Konsumen Pada Ritel
Minimarket Alfamart dan Indomaret Di
Wilayah bekasi.
Jurnal 3
Analisis
variabel pembentukan kepuasan konsumen pada ritel minimarket alfamart dan
indomart di wilayah depok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar