Rabu, 29 Desember 2010

Artikel I

Liburan tahun baru di batavia

Daerah puncak pas biasanya menjadi pilihan orang belanda untuk menghindari ramainya Batavia selama libur natal. Sejak tahun 1920-an, hotel dan rumah-rumah mulai dibangun disana dan dapat disewa. Tidak sedikit orang batavia yang membangun rumah peristirahatan di puncak.
Biasanya mendingginkan badan beberapa hari di puncak sudah cukup menggembalikan semangat orang belanda tersebut. Pagi-pagi pada tanggal 31 desember ibu-ibu belanda sudah pada mempersiapkan pesta untuk menyambut tahun baru.
Sementara itu seseorang ditugaskan untuk membeli balog es yang besar. Lalu balog es itu di potong-potong menjadi bagian kecil-kecil kemudian disimpan di dalam peti kayu supaya tidak mencair, untuk campuran minuman keras ( Bir ).
Manjelang malam muncul beberapa laki-laki membawa bambu-bambu panjang untuk menghidupkan lampu jalan. Dengan bambu itu mereka akan menarik sumbu lampu tersebut supaya menerangkan jalan rumah mereka.
Lalu, datanglah teman dan sanak saudara untuk merayakannya bersama. Tawa berkumandang ke segala arah dan anak-anak pun tertidur dipara pangkuan pengasuhnya. Semua orang berkumpul di ruang tamu dan mereka mulai menghitung detiak-detik tahaun baru yang akan segera berakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar