Senin, 22 Oktober 2012

JURNAL 2 METODE RISET


Jurnal 2 metode riset

tema           : pelayanan terhadap konsumen
masalah         : Mengukur tingkat pelayanan pelanggan manajemen alfamidi
judul          : analisis manajemen alfamidi dalam peningkatan kualitas dan  
                        produktifitas pelayanan kepada konsumen
pengarang  : richard gerson
tahun         :  2004

 METODE RISET 2

ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN ALFAMIDI DALAM PENINGKATAN KUALITAS DAN PRODUKTIFITAS PELAYANAN KEPADA KONSUMEN

LATAR BELAKANG MASALAH
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelayanan minimarket alfamidi berdasarkan riset yang diperoleh, konsumen menyatakan setuju terhadap pelayanan yang diterapkan pada minimarket alfamidi dan kepuasan atas produk-produk yang tersedia.

 PENDAHULUAN
Pelayanan yang dilakukan peruasahaan kepada konsumen merupakan faktor yang sangat penting dalam mengembangkan peruasahaan sekaligus mempertahankan konsumen yang ada. Memang tidak mudah. Namun hal tersebut harus dilakukan perusahaan, baik perusahaan skala kecil, menengah dan perusahaan besar.
Jika menghendaki konsumen tetep setia kepada perusahaan untuk jangka panjang. Dan untuk itu perusahaan harus memfokuskan setiap keputusan dan tindakan yang dilakukan adalah untuk meningkatkan pelayanan dan produktifitas kepada konsumen yaitu dengan memberitahukan produk-produk apa aja yang akan dipromosikan dan sampai kapan promo tersebut berakhir sehingga konsumen merasa puas dengan produk yang kita tawarkan.

 Jenis kualitas yang digunakan untuk menilai kualitas produk dan jasa adalah :
1.   Kualitas teknik (outcome), yaitu kualitas hasil kerja dari penyampaian jasa.
2.   kualitas pelayanan (proses), yaitu kualitas dari cara penyampaian jasa Dimensi kualitas jasa.
3.    kualitas produk (product), yaitu  kualitas atas produk yang ditawarkan kepada konsumen. Menurut  
 Zeithaml yang dikutip oleh Husein Umar, dapat dibagi menjadi 5 dimensi yaitu :
·      Reliability, yaitu kemampuan memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang ditawarkan
·    Resvonsiveness, yaitu kehandalan karyawan yang sigap dan tanggap dalam membantu pelanggan
·    Assurance, yaitu kemampuan karyawan mengenai pengetahuan suatu produk, perhatian dan sopan dalam melayani konsumen, kemampuan memberi rasa aman serta manfaat jasa yang ditawarkan, dan kemampuan menanamkan rasa percaya konsumen kepada perusahaan
·    Emphaty, yaitu kepedulian perusahaan terhadap konsumen. Seperti kemudahan untuk menghubungi perusahaan untuk mengetahui kebutuhan konsumen
·    Tangibles, yaitu penampilan fasilitas fisik seperti kebersihan, kerapihan dan kenyamanan ruang.

 METODE PENELITIAN
Objek penelitian ini adalah minimarket alfamidi. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat yang tinggal di sekitar minimarket alfamidi sebanyak 50 responden.
Pengujian yang memungkinkan responden menjawab dalam berbagai tingkatan pada setiap butir pertanyaan, yang memungkinkan responden mengekspresikan intensitas perasaan mereka terhadap pelayanan dan keramahan serta ketersediaan produk yang mereka inginkan ada pada minimarket tersebut.

 PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil koesioner yang diperoleh, maka berikut adalah penjabarannya dengan menggunakan metode skala likert.
Penjelasan :
1.      Faktor ketersediaan produk  produk yang dijual banyak macamnya, mulai dari peralatan rumah tangga, makanan, minuman, keperluan bayi, kosmetik. 
2.      Berdasarkan koesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 11 responden atau 22%, yang menyatakan setuju 29 responden atau 58%, yang menyatakan netral 8 responden atau 16%, yang menyatakan tidak setuju 2 responden atau 4%, yang menyatakan sangat tidak setuju 0 responden.
 b.   Masing-masing jenis produk tersedia dalamjumlah banyak
 Berdasarkan koesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 7 responden atau 14%, yang menyatakan setuju 16 responden atau 32%, yang menyatakan netral 17 responden atau 34%, yang menyatakan tidak setuju 10 responden atau 20%, yang menyatakan sangat tidak setuju 0 responden.

 2.   Harga produk
a.   harga produk lebih murah dari harga di pasar.
Berdasarkan kuesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 6 responden  atau 12%, yang menyatakan setuju 11 responden atau 22%, yang menyatakan netral 16 responden atau 32%, yang menyatakan tidak setuju17 responden atau 32%, yang menyatakan sangat tidak setuju 0 responden.
b.   adanya promo discount (potongan harga) untuk produk bar.
Berdasarkan kuesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 11 responden atau 22%, yang menyatakan setuju 16 responden atau 32%, yang menyatakan netral 15 responden atau 30%, yang menyatakan tidak setuju 8 responden atau 16%, yang menyatakan sangat tidak setuju 0 responden.

 3.    Waktu buka dan tutup
 a.  alfamidi buka jam 07.30 pagi
Berdasarkan kuesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 9 responden atau 18%, yang menyatakan setuju 23 responden atau 46%, yang menyatakan netral 7responden atau 14%, yang menyatakan tidak setuju 9 responden atau 18%, yang menyatakan sangat tidak setuju 2 responden atau 4%.
 b.   alfamidi tutup 21.00 malam
Berdasarkan kuesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 5 responden atau 10%, yang menyatakan setuju 17 responden atau 34%, yang menyatakan netral 16 responden atau 32%, yang menyatakan tidak setuju 11 responden atau 22%, yang menyatakan sangat tidak setuju 1 responden atau 2%.

4.    Keramahan petugas
a.    membukakan pintu ketika pembeli hendak masuk atau keluar
 Berdasarkan kuesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 5 responden atau 10%, yang menyatakan setuju 9 responden atau 18%, yang menyatakan netral 6 responden atau 12%, yang menyatakan tidak setuju 22 responden atau 44%, yang menyatakan sangat tidak setuju 8 responden atau 16%.
b.    petugas menawarkan produk tertentu (yang ada di dekat kasir)
Berdasarkan kuesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 5 responden atau 10%, yang menyatakan setuju 24 responden atau 48%, yang menyatakan netral 13 responden atau 26%, yang menyatakan tidak setuju 7 responden atau 14%, yang menyatakan sangat tidak setuju 1 responden atau 2%.

 5.    LOKASI
a.    Lokasi dekat dengan perumahan warga
Berdasarkan kuesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 15 responden atau 30%, yang menyatakan setuju 27 responden atau 54%, yang menyatakan netral 7 responden atau 14%, yang menyatakan tidak setuju 1 responden atau 2%, yang menyatakan sangat tidak setuju 0 responden atau 0%.
 b.   Lokasi dipinggir jalan raya
Berdasarkan kuesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 18 responden atau 36%, yang menyatakan setuju 28 responden atau 56%, yang menyatakan netral 3 responden atau 6%, yang menyatakan tidak setuju 1 responden atau 2%, yang menyatakan sangat tidak setuju 0 responden atau 0%.
 6.   kenyamanan
a.    ruangan senatiasa bersih
Berdasarkan kuesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 16 responden atau 32%, yang menyatakan setuju 28 responden atau 56%, yang menyatakan netral 6 responden atau 12%, yang menyatakan tidak setuju 0 responden atau 0%, yang menyatakan sangat tidak setuju 0 responden atau 0%.
 b.      ruangan ber-AC
Berdasarkan kuesioner diperoleh hasil sebagai berikut : dari 50 responden yang menyatakan sangat setuju 16 responden atau 32%, yang menyatakan setuju 27 responden atau 32%, yang menyatakan netral 7 responden atau 14%, yang menyatakan tidak setuju 0 responden atau 0%, yang menyatakan sangat tidak setuju 0 responden atau 0%.
  F. Richard, Gerson, 2004, Mengukur Kepuasan pelanggan, PPM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar