TEMA METODE RISET
Berdasarkan dari ketiga analisis
diatas maka penulis akan mengetengahkan tema yang berjudul “Fenomena
Pertumbuhan Mini-Market Di Pasar Modern”
Fenomena pergerseran pola konsumsi
masyarakat dari tradisional ke pasar modern khususnya mini market yang saat ini
sangat dekat dengan masyarakat di perumahan-perumahan atau pemukiman-pemukiman
padat penduduk tidak bias sihindari. Oleh karena itu, para pedagang kecil yang
terkena dampak dari semakin menjamurnya mini market harus sudah mulai
mengantisipasinya dengan mengikuti fenomena tersebut yaitu dengan mulai
berdagang dengan menggunakan konsep inti dari pasar modern ataupun berperan
sebagai produsen.
Para pedagang kecil yang masih tetap
ingin menjual secara tradisional harus mencari cara untuk mempertahankan
kelangsungan usahanya kerena bagaimanapun akan tetap ada masyarakat yang loyal
untuk bebelanja di pasar tradisional degan berbagai alas an misalnya karena
memang ingin dilayani, ada kepuasan tersendiri jika melakukan tawar-menawar,
kepuasan dalam bertegur sapa dengan penjual, apalagi penjual yang sudah lama
dikenal, dan lainnya.
Merujuk pada tipe masyarakat yang
loyal berbelanja di pasar tradisional maka langkah yang dapat ditempuh oleh
para pedagang kecil tersebut tentunya harus memberikan nilai tambah untuk pasar
tradisional terutama dalam sentuhan humanis yang tidak akan ditemukan di mini
market ataupun pasar modern lainnya misalnya, pemberitahuan pedagang kepada
konsumen jika ada produk baru, produk yang lebih bagus, produk yang lebih
murah, dan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar